Zikri-Muzakir Pimpin AJI Lhokseumawe Periode 2024-2027

LHOKSEUMAWE – Zikri Maulana (jurnalis Kompas TV) dan Muzakir Nurdin (Beritasatu TV) terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe periode 2024-2027.

Pasangan Zikri-Muzakir meraih suara terbanyak dalam pemungutan suara Konferensi Kota (Konferta) VIII AJI Lhokseumawe yang digelar di Lido Graha Hotel, Lhokseumawe, Minggu (26/05/2024).

Pemilihan ini dipimpin oleh M. Agam Khalilullah, Agustiar, dan Bambang Iskandar Martin. Proses pemilihan dimulai dengan pengusulan nama bakal pasangan calon (paslon) oleh para peserta Konferta VIII. Dua paslon yang diusulkan dan bersedia dicalonkan adalah Zikri-Muzakir dan Mulyadi (Habaaceh.id)-Sarina (AJNN.net).

Paslon nomor urut 1, Zikri-Muzakir, dan paslon nomor urut 2, Mulyadi-Sarina, kemudian menyampaikan visi dan misi mereka di hadapan peserta konferta. Pemungutan suara dilakukan secara tertutup dengan 23 dari 26 anggota AJI Lhokseumawe yang memiliki hak suara menggunakan hak pilih mereka.

Hasilnya, Zikri-Muzakir meraih 17 suara, Mulyadi-Sarina tiga suara, dan tiga suara lainnya dinyatakan tidak sah. Pimpinan sidang kemudian menetapkan Zikri-Muzakir sebagai pasangan terpilih.

Dalam Konferta VIII ini juga terpilih Irmansyah, Masriadi Sambo, dan Saiful Bahri sebagai anggota Majelis Etik dan Peradilan Organisasi (MEPO), serta Jafaruddin, Al Bara Maulana, dan Zulfikri Yasin sebagai anggota Majelis Pertimbangan dan Legislasi (MPL) AJI Lhokseumawe periode 2024-2027.

Ketua Umum AJI Indonesia, Nany Afrida, yang hadir dalam Konferta VIII AJI Lhokseumawe, mengukuhkan Zikri-Muzakir sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Lhokseumawe periode 2024-2027, menggantikan Irmansyah-Jafaruddin yang menjabat pada periode 2021-2024.

Dalam sambutannya, Nany Afrida mengucapkan selamat kepada ketua dan sekretaris terpilih, berharap mereka segera menyusun struktur kepengurusan lengkap dan program kerja AJI Lhokseumawe untuk periode 2024-2027.

“Saya juga berharap kita dapat bersama-sama menghadapi tantangan ke depan, termasuk advokasi untuk menolak revisi UU Penyiaran,” ujar Nany. Ia juga mengingatkan seluruh anggota AJI Lhokseumawe untuk selalu menaati Kode Etik dan Kode Perilaku AJI serta menjaga nilai-nilai ke-AJI-an, terutama menjelang Pilkada 2024.

Nany menegaskan pentingnya sikap independen yang menjadi ciri khas AJI. “Kita harus bisa tetap independen. Boleh yang akan maju menjadi kepala daerah itu teman, saudara atau kerabat. Tapi posisi kita tetap yaitu tidak memihak,” katanya.

Sementara itu, Ketua AJI Lhokseumawe terpilih, Zikri Maulana, menyatakan komitmennya untuk memperjuangkan kebebasan pers serta mengedepankan tripanji AJI agar dapat mengawal informasi publik secara berimbang.

“Kami akan melanjutkan program-program kepengurusan AJI sebelumnya dan beberapa program baru,” kata Zikri. Ia juga mengharapkan dukungan dari keluarga besar AJI Lhokseumawe dan AJI Indonesia untuk mencapai cita-cita organisasi.

“Sehingga harapan dan apa yang dicita-citakan tercapai,” pungkasnya.



Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *