Warga Perumahan Care Peringati Musibah Tsunami Ke 20 Gunakan Patokan Waktu Tahun Hijriah

ACEH BESAR – Masyarakat Perumahan Care, Gampong Teureubeh, Kota Jantho Aceh Besar mulai tahun 2024 ini memperingati peristiwa musibah Tsunami menggunakan patokan waktu tahun Hijrah.

Kepala Dusun Care Musliadi didampingi Imum meunasah Care, Tgk Rusli menagtakan, mulai tahun 2024 ini peringatan peristiwa Tsunami diperingati menggunakan patokan waktu bulan Hijriah.

“Mulai tahun ini peringatan Tsunami kita peringati menggunakan patokan bulan hijriah,” kata Musliadi kepada media ini di sela-sela khanduri makan siang bersama, Kamis (23/05/2024).

Menurut Musliadi patokan waktu bulan Hijriah lebih tepat dibandingkan patokan waktu bulan di tahun meski. Dimana peristiwa tsunami terjadi pada hari minggu 2004 tepat pada tanggal 26 Desember dan bertepatan di bulan Zulka’idah hari ke 14 20 tahun silam atau 26 hari menjelang idul adha tahun 2004.

“Bila berpatokan pada bulan meshi pergeseran sudah sangat jauh dari detik – detik tanggal yang sebenarnya Tsunami terjadi,” jelasnya.

“Oleh sebab itu supaya tidak bergeser detik detik terjadinya tsunami yang sebenarnya maka kita beriniaiatif sejak tahun ini kita peringati menggunakan patokan tanggal bulan di tahun Hijriah,” ujarnya.

Musliadi menambahkan adapun agenda dlpada peringatan Tsunami ke 20 tahun 1445 Hijriah ini, Masyarakat perumahan care, menggelar khanduri makan bersama dengan memasak kuah belangong dan selanjutnya dihidangkan kepada masyarakat dalam perumahan care.

Sedangkan untuk malam hari nanti, seluruh masyarakat akan berkumpul di Lapangan yang telah disediakan untuk menggelar tahlilan dan baca surat yasin mengirimkan doa kepada para korban tsunami yang telah syahit dalam musibah terbesar di dunia itu dan mendoakan kebahagiaan kepada keluarga yang ditinggalkannya.

Sebagai informasi Komplek Perumahan Care adalah salah satu Komplek relokasi korban Tsunami khususnya adalah Kecamatan Pulo Aceh dan dari sejumlah daerah lainnya yang menjadi daerah hantaman Tsunami tahun 2004 dan saat ini dihuni oleh 189 Kelapa Keluarga.

Komplek perumahan Care merupakan dusun administrasi Gampong Teureubeh, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Dengan mata pencaharian masyarakat 70 persen di sektor pertanian, perkebuanan dan peternakan. Sementara selebihnya bermata pencaharian disektor PNS, TNI, Polri dan sejumlah profesi lainnya.



Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *