Launching Pusat Pramuka, Doktor Emi Urai Filosofis Tunas Kelapa

KOTA LANGSA – Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengurai tentang makna filosofis yang terkandung pada lambang Pramuka “Tunas Kelapa”.

Hal itu disampaikan Dr. Amiruddin Yahya Azzawiy MA, CPM yang akrab disapa Doktor Emi dalam Launching Pusat Kegiatan Pramuka FTIK IAIN Langsa di Lapangan Gedung Fakultas setempat, Senin (1/7/24).

Doktor Emi mengatakan, ada makna filosofis yang sangat mendalam yang terkandung pada lambang Gerakan Pramuka “Tunas Kelapa”.

Perwakilan Mabigus Langsa Kota bersama Dr. Amiruddin Yahya Azzawiy saat penyerahan sertifikat kepada para Pramuka FTIK IAIN Langsa, Senin (01/07/2024)

“jika kita maknai secara filosofis tunas kelapa itu menggambarkan permulaan suatu kehidupan, di mana makhluk hidup secara sirkuler terus berubah dalam berbagai fase kehidupan, hingga akhirnya dia hilang dan digantikan oleh kehidupan yang lain sebagai generasi baru,” ucap Dekan FTIK IAIN ini.

Ia menjelaskan, penggambaran buah kelapa juga mencontohkan kemampuan untuk bertahan hidup dalam berbagai keadaan. Maknanya, anggota pramuka kuat dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan.

Dr. Amiruddin Yahya menambahkan bahwa Pohon Kelapa dapat tumbuh di mana saja, mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya. Artinya anggota Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada.

“Pusat Kegiatan Pramuka ini merupakan wadah penggemblengan para Pramuka yang ada di FTIK IAIN Langsa, juga sebagai Support system Mata Kuliah Kepramukaan yang wajib bagi mahasiwa di Prodi PGMI,” ungkap Doktor Emi.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Penyerahan sertifikat dan penyematan Tiska Kemsama (Kemah Bersama) Pramuka se-Aceh – Sumatera Utara tahun 2024 yang dilaksanakan Gudep Kota Langsa, dari Mabigus Kota Langsa kepada para Pramuka FTIK IAIN Langsa.

Turut hadir, Perwakilan Mabigus Langsa Kota Dr. Muhammad Nur, M.Pd dan Yustizar M.Pd.I serta Ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FTIK IAIN Langsa.



Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *