Presiden Jokowi Tinjau Alutsista Pindad di Pameran HUT Ke-79 TNI di Monas

DelapanDetik.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit dan seluruh Kepala Staf Angkatan didampingi oleh Dirut PT Pindad Abraham Mose meninjau Alutsista PT Pindad pada pameran yang diselenggarakan untuk memperingati HUT Ke-79 TNI di Silang Monas, Jakarta, pada Minggu (22/9/2024).

Produk pertahanan Pindad meliputi kendaraan fungsi khusus, senjata, dan munisi yang tersebar di berbagai booth satuan TNI seperti Pusenif, Pusenkav, Puspalad, Dislitbang AD, Kopasus, dan lain-lain yang terbuka untuk masyarakat luas.

HUT ke-79 TNI mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”.

Panglima TNI, Agus Subiyanto saat press conference menyampaikan bahwa Presiden Jokowi terkesan dengan alutsista buatan dalam negeri dan mengapresiasi kegiatan HUT ke-79 TNI yang melibatkan masyarakat.

“Beliau tadi saya lihat sangat terkesan dengan banyaknya alutsista buatan dalam negeri, ada yang dari Pindad dan lain sebagainya. Alutsista yang tadi dilihat kebanyakan buatan dalam negeri,” ujar Agus Subiyanto.

“Karena kegiatan ini untuk masyarakat, diawali lari tadi, hiburan musik, pameran alutsista dan berbagai kegiatan lainnya alhamdulillah animo masyarakat sampai siang ini masyarakat masih membeludak,” imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan, Dianing P. Rahayu menyampaikan kesiapan dan komitmen PT Pindad untuk terus mendukung dan memperkuat TNI. Alutsista unggulan PT Pindad yang telah digunakan oleh berbagai satuan TNI ini ditampilkan pada pameran HUT ke-79 TNI di Monas.

“PT Pindad berkomitmen untuk terus berinovasi serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas untuk terus mendukung TNI kita menghadapi berbagai tantangan dan ancaman pertahanan baik dari dalam negeri maupun global, ” ujar Dianing dalam keterangan resmi perusahaan.

Adapun kendaraan fungsi khusus yang ditampilkan meliputi tank Harimau kanon 105 mm, ranpur infanteri Pandur 8×8, Badak kanon 90 mm, Maung MV3 4×4, serta Anoa 6×6 dan Komodo 4×4 berbagai varian.

Sementara itu berbagai senjata unggulan yang ditampilkan meliputi pistol G2 Combat, G2 Elite, G2 Premium, Armo berbagai varian, senapan SS2 V4 A2, SS2 V5 A1, DMR SPM-1, SPG, SM-2, SM-5, SPR berbagai varian, AM-1, serta MKK dan MKB berbagai varian.

Senjata inovasi kerjasama dengan Dislitbang juga turut ditampilkan, diantaranya SO SM-3 A1, SPR kal 20 mm, dan senapan Amphibious.

Rangkaian kegiatan HUT ke-79 TNI kali ini meliputi Matra fair, Panglima TNI Run, Makan Gratis, Pembagian Sembako Gratis dan layanan Kesehatan Gratis, panggung hiburan serta utamanya pameran Alutsista yang menampilkan berbagai peralatan dan teknologi militer yang dimiliki oleh TNI.

Acara puncak HUT ke-79 TNI akan digelar pada 5 Oktober 2024 di Monas, dengan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu yaitu defile pasukan dan alutsista berbagai matra, termasuk produksi PT Pindad yang akan menghadirkan alutsista unggulan dan terbarunya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *